> > Perkembangan teknologi informasi

Perkembangan teknologi informasi

Perkembangan teknologi informasi yang sedemikian cepat tela membawa dunia memasuki era baru yang lebih cepat dari yang pernah dibayangkan sebelumnya. Setidaknya ada empat era penting sejak diketemukannya computer sebagai alat pengolah data sampai dengan era internet. Saat computer menjadi senjata utama dalam berkompetisi dan masing-masing era mempunyai karakteristik . Munculnya computer sangat mendukung terhadap dunia usaha.

  1. ERA KOMPUTERISASI
    Cirinya:
    1. Dimulai sejak tahun 1960
    2. Minicomputer dan Mainframe sudah diperkenalkan di perusahaan, Seperti IBM
    3. Banyak Perusahaan yang memanfaatkan computer untuk keperluan pengolahan data.
    4. Kebanyakan perusahaan-perusahaan besar secara tidak langsung memonopoli pasar-pasa tertentu, karena belum ada pesaing.
    5. Hampir semua perusahaan besar yag begerak dibidang infrastruktur (listrik, komunikasi dan pertambangan pada saat itu membeli computer untuk  untuk membantu kegiatan administrasinya.
  2. ERA TEKNOLOGI INFORMASI
    Cirinya:
    1. Dimulaisejak tahun 1970
    2. PC mulai diperkenalkan untuk menggantikan Minicomputer ataupun mainframe
    3. Tidak sepeti halnya pada era komputerisasi ketika komputer hanya menjadi “ milik pribadi “ Divisi EDP perusahaan, diera kedua ini setiap individu di organisasi dapat memanfaatkan kecanggihan computer, seperti untuk mengolah database, spreadsheet, maupun data processing.
    4. Kegunaan computer di perusahaan tidak hanya untuk meningkatkan efisiensi tetapi juga untuk mendukung terjadinya proses kerja yang lebih efektif.
    1. Pada era ini computer memasuki babak baru yaitu sebagai suatu fasilitas yang dapat memberikan keuntungan kompetitif bagi perusahaan, terutama yang bergerak dibidang pelayanan dan jasa.
  3. ERA SISTEM INFORMASI
    Cirinya:
    1. Diperkenalkan diawal tahun 1980-an
    2. Teori manajemen organisasi modern mulai diperkenalkan terutama teori manajemen perubahan.
    3. Dalam pemilihan produk atau jasa yang dibutuhkan seorang pelanggan akan mencari perusahaan yang menjual produk atau jasa tersebut: cheaper (lebih murah), better (lebih baik), faster ( lebih cepat)
    4. Peranan komputer dan teknologi informasi yang digabungkan dengan komponen lain seperti proses, prosedur, struktur organisasi, SDM, budaya perusahaan, manajemen dan komponen terkait lainnya, dalam membentuk system informasi yang baik , merupakan salah satu kunci keberhasilan perusahaan secara strategis.
  4. ERA GLOBALISASI INFORMASI
    Cirinya:
    1. Diawali sejak tahun 1990
    2. Tidak ada yang dapat menekan laju perkembangan teknologi informasi.
    3. Penerapan teknologi LAN, MAN, WAN dan globalnet
    4. Diperkenalkan Payment Electronic (pembayaran secara elektronik)
    5. Faktor Ekonomi (krisis), Sosial budaya (reformasi), dan politik (demokrasi) akan mempengaruhi pada era ini yaitu dalam hal menghasilkan kebijakan-kebijakan dan peraturan-peraturan baru yang harus ditaati oleh perusahaan.

Leave a Reply

Share