> | > Internet bagi Dunia Kedokteran

Internet bagi Dunia Kedokteran

Pertumbuhan dan perkembangan internet selama ini memberikan banyak dampak positif ke berbagai sektor kehidupan, termasuk sektor kesehatan. Dalam bidang kedokteran, sudah banyak sekali manfaat yang diberikan hasil dari perkembangan internet seperti antara dokter dan pasien dapat melakukan konsultasi medis jarak jauh, seminar melalui video konferens, ataupun menampilkan video tentang simulasi. Bahkan tidak mustahil dengan adanya internet dan teknologi informasi dan komunikasi, tindakan operasi dapat dilakukan dari jarak jauh.
Internet adalah suatu sarana yang bisa menghubungkan kita yang berada di dalam satu negara dengan apapun yang ada di dunia ini. Segala macam informasi yang kita butuhkan bisa kita peroleh dengan cepat dan mudah. Bahkan juga dengan memanfaatkan media internet, kita dapat melakukan bisnis dengan keuntungan yang luar biasa. Hanya dengan duduk di depan sebuah komputer atau laptop kita sudah bisa melihat seluruh isi dan perkembangan dunia. Termasuk dalam bidang kedokteran dan kesehatan. Melalui internet inilah segala pertukaran informasi yang kompleks menjadi lebih efektif dan efisien. Segala macam data bisa dijadikan data dalam bentuk elektronik sehingga bisa di kirim melalui email dalam waktu singkat meskipun tempat yang dituju sangatlah jauh.
Internet mengandung sangat banyak database tentang kedokteran yang sangat bermanfaat, baik bagi masyarakat umum, dokter, maupun mahasiswa kedokteran. Melalui internet masyarakat bisa mengetahui gejala-gejala tentang suatu penyakit secara umum sehingga masyarakat bisa melakukan pencegahan maupun antisipasi dini  terhadap penyakit tersebut sebagai pertolongan pertama sebelum pada akhirnya nanti dirujuk ke dokter atau rumah sakit. Pengetahuan tentang gejala suatu penyakit dan pertolongan pertama untuk penderita penyakit tersebut sangat penting untuk diketahui masyarakat. Karena hal atau tindakan pertama yang dilakukan sangatlah menentukan keselamatan pasien atau penderita penyakit tersebut. Selain itu masyarakat juga bisa melakukan konsultasi jarak jauh dengan dokter. Bagi masyarakat yang tidak memiliki kendaraan, tidak mampu keluar rumah, ataupun jauh dari rumah sakit, puskesmas dan praktek dokter, dengan menggunakan internet mereka tidak lagi kesulitan jika ingin berkonsultasi dengan suatu penyakit atau keluhan yang dialami. Dari jarak yang jauh mereka tetap bisa melakukan konsultasi dengan seorang dokter tentang keluhannya melalui email seperti yahoo, gmail, dll. Atau bisa juga melalui situs jejaring sosial yang sedang marak-maraknya pada jaman sekarang ini, seperti facebook, twitter, plurk, dll. Dan ada juga cara yang lebih mudah dan langsung bisa ditanggapi oleh dokter yang bersangkutan, yaitu dengan chatting. Sekarang sudah banyak sekali provider-provider chatting yang bisa digunakan seperti, yahoo messenger, mirc, facebook, tweetdeck, dll.
Selain bisa melakukan konsultasi dan mengetahui informasi tentang suatu penyakit, masyarakat juga bisa mengetahui informasi tentang rumah sakit. Misalnya tentang masih tersedia atau tidak kamar yang ada di rumah sakit, sehingga jika kita ingin melakukan rawat inap kita bisa langsung tahu rumah sakit mana yang kita tuju yang masih tersedia kamar untuk rawat inap tersebut. Selain kamar, masyarakat juga bisa tahu jadwal atau jam praktek dokter di rumah sakit tersebut sehingga memudahkan masyarakat jika ingin bertemu atau periksa ke dokter yang sudah menjadi langganannya.
Bagi rumah sakit sendiri, manfaat kemajuan teknologi juga dapat dirasakan. Selain tentang info kamar dan jadwal dokter. Melalui internet dan kemajuan IPTEK, rumah sakit juga bisa mengetahui tentang medical record atau riwayat penyakit yang pernah diderita pasien sehingga sangat memudahkan  untuk mengidentifikasi penyakit yang diderita pasien tesebut dan juga memudahkan untuk memberikan terapi yang tepat bagi sang pasien. Selain itu melalui internet dan kemajuan IPTEK ini, pihak rumah sakit bisa mengetahui tentang persediaan obat yang ada di rumah sakit tersebut, sehingga pihak rumah sakit bisa segera tahu jika mereka kekurangan stok obat dan bisa langsung memasok kembali sebelum benar-benar kehabisan stok. Dan juga dengan media internet ini bisa memudahkan pasien dalam melakukan pembayaran yaitu dengan transaksi ATM ataupun kartu kredit. Sehingga pasien tidak harus membayar tunai saat itu juga kepada pihak rumah sakit.
Kemudian, perkembangan internet juga memberikan manfaat bagi seorang dokter. Melalui internet dokter bisa mengetahui perkembangan tentang ilmu-ilmu kedokteran, yang mana kita ketahui perkembangan ilmu kedokteran sangatlah pesat. Seorang dokter bisa mengetahui kemajuan dan perkembangan  dunia kedokteran melalui jurnal-juranal yang disajikan internet, tetapi tentu saja jurnal-jurnal yang diambil atau dijadikan acuan adalah jurnal-jurnal yang sudah terpercaya dan terbukti kebenarannya, seperti  jurnal jurnal yang ada di PubMed, EBSCO, dsb. Selain melalui jurnal-jurnal seorang dokter juga bisa mengetahui update ilmu kedokteran melalui seminar-seminar. Dengan internet seorang dokter bisa mengetahui seminar-seminar apa saja yang berlangsung, kapan dan di mana tempat seminar itu berlangsung serta siapa yang menjadi narasumber pada seminar tersebut. Melalui kecanggihan teknologi dan internet ini, sebuah seminar tidak hanya bisa disaksikan di satu tempat saja, namun bisa dari berbagai tempat dalam waktu yang bersamaan dengan menggunakan teleconference atau sambungan jarak jauh yang juga bisa menampilkan sang narasumber melalui video.
Selain bagi dokter dan rumah sakit, internet juga bermanfaat bagi mahasiswa kedokteran. Secara umum internet memang sangat bermanfaat bagi mahasiswa dalam mencari referensi dan dalam pengerjaan tugas dari dosen. Namun bagi mahasiswa kedokteran ada manfaat khusus yang bisa diambil dari ketersediaan internet ini yaitu mahasiswa kedokteran bisa mempelajari simulasi tindakan operasi, cara kerja hormon, perkembangan penyakit dalam tubuh melalui animasi video, sehingga memudahkan mahasiswa kedokteran dalam memahami ilmu tersebut karena lebih bisa divisualisasikan oleh otak. Selain itu juga bagi mahasiswa kemajuan internet juga bisa digunakan untuk mendapatkan informasi tentang universitas yang menyangkut dirinya, seperti nilai, presensi, dan juga status kemahasiswaan.

Leave a Reply

Share